Halaman

  • Beranda

Rabu, 22 September 2010

tumbuhan obat Sambang Darah (Excoecaria cochinchinensis Lour.)

tanaman obat
tumbuhan obat ini pada Umumnya ditanam di pekarangan sebagai tanaman obat, di taman sebagai tanaman hias dan atau tumbuh liar di hutan.

Tumbuhan herbal ini yang berasal dari Indocinadapat tumbuh subur tidak menyukai tanah yang tergenang air.

Pada tumbuhan obat sambang darah memiliki Bunga keluar dari ujung percabangan, bentuknya kecil, warnanya kuning, tersusun dalam rangkaian berupa tandan, Mudah dapat berkembangbiak dengan setek batang atau cangkokan.

Untuk pemakaian luar digunakan untuk pengobatan gatall dan penyakit kulit kronis, seperti luka berdarah,psoriasis, ekzema kronis, neurodermatitis, cuci daun segar secukupnya, giling halus. Bubuhkan ke tempat yang sakit, lalu balut.

Disentri
Cuci daun sambang darah 15 lembar,rebus dengan tiga gelas air sampai tersisa dua gelas,saring,minim dua kali  pagi dan sore hari.

Perdarahan setelah bersalin, keguguran
Cuci akar kering sambang darah sebesar satu setengah jari kelingking,potong-potong seperlunya. Rebus dengan dua gelas air minum sampai tersisa separuhnya. saring,minum sehari dua kali, masing-masing setengah gelas.

Muntah darah
Cuci daun sambang darah 10 lembar,giling halus. Tambah garam seujung sendok teh dan air masak sebanyak setengah cangkir. Aduk rata, saring,peras dengan sepotong kain. Minum sekaligus.

0 komentar:

Posting Komentar