Halaman

  • Beranda

Selasa, 14 September 2010

tanaman herbal Srikaya (Annona squamosa L.)

tanaman obat
tanaman obat berumah satu ini berjenis kelamin banci,tumbuhan herbal srikaya dapat mencapai tinggi 2-7 meter. 

tanaman herbal yang satu ini berkembang biak melalui Biji didalam satu buah agregat banyak dengan warna hitam mengkilat.tumbuhan obat srikaya berasal dari Amerika tropis.


Biji
mematikan kutu kepala dan serangga.pencernaan lemah, cacingan

Buah muda
gangguan pencernaan (atonik dispepsia),diare, disentri akut

Daun
batuk, demam, reumatik,kutu kepala, pemakaian luar untuk borok, luka, bisul, skabies, kudis, dan ekzema., menurunkan kadar asam urat darah yang tinggi, diare,disentri, rectal prolaps pada anak-anak, cacingan

Akar
disentri akut, depresi mental,sembelit,nyeri tulang punggung

Kulit kayu
luka berdarah.,diare, disentri,

Pemakaian luar
rebus daun lalu airnya gunakan mencuci luka atau borok,dapat juga dengan menggiling bijinya menjadi bubuk, digunakan membasmi kutu kepala, kutu anjing,serangga. buah masak untuk mengobati bengkak karena memar dan abses.

Borok, bisul keras
Cuci daun segar secukupnya, giling halus. Tambah sedikit garam, gunakan untuk menurap borok atau bisul dan balut. sehari, ganti 2-3 kali.

Diare
Cuci kulit batang srikaya 6-10 gram, potong kecil,tambahkan gula merah secukupnya. Rebus dengan empat gelas air sampai tersisa separuhnya. Setelah dingin, saring,minum dua kali sehari, masing-masing satu gelas.

Kudis
Cuci daun srikaya segar 15 lembar, giling halus. Remas dengan air kapur sirih sebanyak satu sendok teh,gunakan untuk menggosok kulit yang kudis. Lakukan sehari dua kali.

Mematangkan bisul
Ambil isi buah yang sudah masak, giling halus. Tambah sedikit garam aduk merata, turapkan pada bisul, lalu balut dengan kain kasa.

Tiba-tiba pingsan, menenangkan penderita histeris
Cuci daun segar secukupnya, tumbuk sampai halus. Dekatkan gilingan daun tadi pada hidung penderita agar baunya terhisap oleh penderita.

Membasmi kutu anjing:
Mandikan anjing yang berkutu dengan air rebusan daun atau biji srikaya,tumbuk halus daun atau biji srikaya, tambahkan air secukupnya, saring gunakan untuk memandikan anjing.

Mematikan kutu kepala
Cuci biji srikaya 10 butir dan daun srikaya segar 1 genggam,giling halus. Tambah sedikit minyak kelapa,aduk merata. Turapkan pada kulit kepala,bungkus dengan kain. Setelah tiga jam, buka,cuci sampai bersih. Jangan sampai bilasan air masuk ke mata karena dapat menyebabkan iritasi dan meradang.

Cacingan pada anak
Cuci daun srikaya segar 15 lembar,rebus dengan lima gelas air sampai sisa tiga gelas. Setelah dingin, saring, minum tiga kali sehari, masing-masing satu gelas.

Gangguan pencernaan
Cuci daun srikaya segar secukupnya, giling halus, tambah minyak kelapa secukupnya. Tempelkan pada perut.

Catatan
Ibu hamil dilarang minum rebusan biji buah srikaya.
Hati-hati jika minum rebusan biji, kulit kayu, dan akar srikaya karena mengandung racun.
Hanya digunakan dibawah pengawasan herbalis berpengalaman.

0 komentar:

Posting Komentar