Halaman

  • Beranda

Rabu, 29 September 2010

tanaman obat Jayanti (Sesbania sesban Merr.)

tanaman obat
tanaman herbal Jayanti banyak ditemukan di pulau Jawa,Tanaman obat ini dapat tumbuh pada tanah yang kurang baik dan dapat ditemukan dari dataran rendah sampai sekitar 800 m dpi.

tumbuhan herbal jayanti bisa mencapai tinggi 2-6 meter, terdapat banyak cabang,

tumbuhan obat ini tumbuh dengan cepat berdaun majemuk menyirip, dengan 7-25 pasang anak daun. Anak daun berbentuk garis sampai memanjang, bertangkai pendek, ujung bulat, tepi rata.Perbanyakan dengan biji.

daun
Radang selaput lendir mata,Infeksi ginjal.demam,Cacingan,TB Paru (Tuberculosa)

Kulit
Kencing nanah,Sukar berkeringat,Kencing kurang lancar

Biji
Kepala pusing,Batuk,Keguguran,datang haid tidak teratur.

Akar
Kencing nanah,Sifilis

Minyak
Borok, koreng, kudis,Trachoma


Untuk minum
1/4-1 genggam daun.

Pemakaian luar
Daun digiling halus, untuk pemakaian setempat.

lnfeksi ginjal
Daun jayanti sebanyak 1 genggam,cuci bersih,bilas dengan air matang,Masukkan daun tadi kedalam 3/4 gelas air. Remas-remas daunnya sampai airnya berbusa. Saring,minum airnya,Lakukan setiap hari, sampai kencingnya menjadi lancar dan jernih kembali.

Demam
Daun secukupnya dicuci bersih lalu diremas-remas dengan adas,balurkan pada badan,yang akan memberikan rasa sejuk pada penderita demam.

TB Paru
Daun jayanti sebanyak 1/4 genggam,cuci bersih,tumbuk halus.Tambahkan 1/2 gelas air masak,1 sendok makan madu. Aduk rata,peras,saring,minum,Lakukan 3 kali sehari.

Kencing nanah
jari akar jayanti,6 lembar daun sirih,6 buah kemukus,jintan hitam,adas masing-masing 3/4 sendok teh, 3/4 jari pulosari, 3 jari gula enau,cuci,potong-potong seperlunya,Rebus dengan 4 gelas air
bersih sampai tersisa 2 1/4 gelas.saring,minum Sehari 3 x 3/4 gelas.

0 komentar:

Posting Komentar