Halaman

  • Beranda

Senin, 13 September 2010

tumbuhan herbal Angsana (Pterocarpus indicus Willd.)

tanaman obat
tumbuhan herbal ini bisa tumbuh mencapai tinggi 10-40 meter,dengan ujung ranting berambut berdaun penumpu berbentuk lanset.

tanaman obat angsana bertandan bunga di ujung serta duduk pada ketiak, angsana tekstur Kayunya mempunyai warna serta berkwalitas yang baik dipergunakan sebagai bahan bangunan dan kayu meubel.

tanaman herbal angsana ini ternyata selain bisa untuk obat bisa juga di pergunakan untuk berbagai keperluan

tumbuhan obat ini di Maluku dengan pohon ini dapat menghasilkan kayu akar (wortelhout) yang lumayan bagus. Kulitnya bisa dipakai sebagai obat.

Kulit kayu
Batu ginjal,Sariawan mulut sebagai obat kumur

Daun muda
Kencing manis,Bisul untuk obat luar

Getah
Luka untuk obat luar,Sariawan mulut (obat luar).

Batu Ginjal
Daun Keji beling 2 gram,,Kulit kayu Angsana 3 gram,Daun Kumis kucing 4 gram,Air 115 ml, buat infus atau diseduh.minum 1 kali sehari 100 ml. Bila batu telah keluar, baik berupa kristal maupun air kencing yang keruh atau air kencing yang berbuih maka pemberian jamu dihentikan. lanjutkan minum teh daun Kumis kucing 6% dalam air. 6 gram daun Kumis kucing seduh dengan air mendidih sebanyak 100 ml. minum seperti kebiasaan minum teh.

Sariawan Mulut
Daun Sirih segar 3 helai,Air 115 ml,Kulit kayu Angsana 4 gram,Daun Saga segar 4 gram, buat infus atau seduh.Bila diperlukan tambahkan 10 gram gips pada beningan, diamkan beberapa saat, saring dan ambil bagian beningnya. (Gips dapat dibeli di apotik atau toko kimia).Untuk kumur, tiap 3 jam sekali, tiap kali pakai 50 ml, bila perlu dapat diencerkan dengan air.

0 komentar:

Posting Komentar