Halaman

  • Beranda

Rabu, 22 September 2010

tanaman herbal Patah Tulang (Eupharbia tirucalli L.)

tanaman obat
Tanaman obat ini berasal dari Afrika tropis, tumbuhan unik ini sangat menyukai tempat terbuka yang terkena cahaya matahari langsung. tumbuh tegak, tinggi 2-6 m, pangkal berkayu, banyak bercabang, bergetah seperti susu yang beracun.
Tangkainya setelah tumbuhan herbal patah tulang tumbuh sekitar 1 jengkal akan segera bercabang dua yang letaknya melintang, demikian seterusnya sehingga tampak seperti percabangan yang terpatah-patah. Patah tulang mempunyai ranting bulat silindris bentuk pensil, beralur halus membujur, warna hijau. Daunnya jarang, terdapat pada ujung ranting yang masih muda,

banyak manfaat dari tumbuhan obat ini seperti ranting yang telah dikeringkan dibakar dapat mengusir nyamuk. pada tanaman herbal ini getahnya gunakan untuk meracun ikan, tetapi berbahaya bila mengenai mata karena dapat menyebabkan buta. Di Jawa, tanaman ini sangat jarang berbunga.

Batang kayu
Penyakit kulit, Kusta (Morbus Hansen),Kaki dan tangan baal.

Akar dan ranting
Sakit lambung, Rematik / tulang sakit, Sifilis,Wasir,Tukak rongga hidung,Nyeri syaraf

Untuk minum
Akar & ranting dikeringkan,tumbuk jadi bubuk. Campur dengan lontong beras sampai merata, lalu buat pil kecil-kecil sebesar telur cecak, jemur. Dimakan bila perlukan
 
Pemakaian luar
tanaman tumbuk halus, turapkan ketempat yang sakit ,bisul, kurap, keseleo terkilir, patah tulang, luka. 

Herba tumbuk halus, campur dengan susu untuk penyakit gatal, penyakit kulit, kurap, tumor, kutil, clavus

Tulang patah (fraktur)
  • Kulit diatas tulang yang patah digosok dengan getah patah tulang.
  • Kulit luar dahan patah tulang giling halus, Tempelkan diatas tulang yang patah, lalu dibalut.
  • 3/4 genggam tangkai dan daun patah tulang, 1 genggam daun srigi, cuci,giling halus, Ramas dengan 4 sendok makan air garam, hangatkan sebentar.pakai untuk menurap bagian tubuh yang patah, lalu balut dengan daun bakung/ kulit randu.ganti 2 kali sehari.
Tahi lalat yang membasar dan gatal
Tahi lalat gosok dengan air jeruk nipis, lalu dengan kapas tahi lalatnya lumaskan getah patah tulang. Lakukan beberapa kali sehari, bila sudah kering diulang. Hati-hati jangan kena mata.

Sakit gigi
Beberapa tetes getah patah tulang. dengan kapas yang bersih,lumaskan pada gigi yang sakit dan berlubang. Lakukan 1-2 kali sehari,jangan sampai mengenai gigi yang sehat.

Frambusia
1/2 genggam patah tulang, 1/2 kepalan tangan gadung cina, cuci ,tumbuk halus. Aduk rata dengan 1 sendok makan getah buah gondang,2 sendok makan getah buah pepaya muda, Ramuan dipakai untuk melumas dan menurap kulit yang sakit.Lakukan 2 kali sehari.

Kulit tertusuk duri, pecahan kaca, dsb
Bagian tubuh yang kulitnya tertusuk duri atau pecahan kaca,oleskan getah patah tulang. Getah itu akan mengeluarkan sendiri duri itu dari kulit.

Kapalan (clavus), kutil
1/2 kg dahan dan ranting patah tulang,cuci bersih,rebus dengan 4 iiter air sampai tersisa menjadi 2 liter. Bagian tubuh yang kulitnya menebal atau ada kutilnya rendam dalam air godokan tadi sewaktu masih hangat, selama 1/2 jam,dikeringkan, oleskan param yang dibuat dari trusi yang telah ditumbuk halus dicampur dengan putih telur, lalu dibalut.

Catatan
Getah berbahaya bagi mata menyebabkan buta. Bila getah masuk ke dalam mata, cepat bilas dengan air kelapa/santan. 

0 komentar:

Posting Komentar