Halaman

  • Beranda

Senin, 13 September 2010

tumbuhan obat Halia (Zingeber officinale, Rosc.)

tanaman obat
tanaman herbal Halia adalah tanaman obat yang tumbuh liar di ladang-ladang yang mempunyai kadar tanah lembab serta banyak memperoleh sinar matahari.

tumbuhan obat halia termasuk jenis tumbuhan herbal menahun. cirinya mempunyai batang tegak, bearakar serabut dan berumbi dengan rimpang mendatar. Halia mempunyai batang basah berasal dari RRC dan India.

Reumatik dan Encok
  • rimpang umbi halia secukupnya dibakar, cuci bersih,parut,tempelkan pada bagian yang sakit,lakukan secara teratur sampai sembuh.
  • 4 rimpang umbi halia sebesar ibu jari, 2 rimpang umbi lengkuas sebesar ibu jari ,2 sendok makan buah cengkeh kering.bahan tersebut tumbuk halus,tambah dengan 2-3 sendok makan air tajin.oleskan sebagai obat gosok pada bagian yang sakit,lakukan 3-5 hari secara berturut-turut.
Mencegah Impoten
2 rimpang umbi halia sebesar ibu jari, 1 butir jeruk nipis, 1 butir telur ayam kampung, 1 sendok teh bubuk kopi, 1 sendok makan kecap, 1 sendok makan madu, seujung sendok teh bubuk merica, umbi halia diparut,peras dengan 1 gelas air masak, saring; jeruk nipis dibelah,peras untuk diambil airnya; telur ayam mentah dipecah,diambil kuningnya; kemudian campur dengan semua bahan lainnya,aduk sampai merata. minum 1 kali seminggu dilakukan secara teratur

Capai dan Pegal-pegal
  • 2 rimpang umbi halia sebesar ibu jari dan susu perah secukupnya,umbi halia dibakar dan dibersihkan, kemudian rebus bersama dengan susu perah.diminum biasa.
  • 2 rimpang umbi halia sebesar ibu jari, 1 rimpang kencur sebesar ibu jari, 1 ikat daun kemangi, 1 genggam beras yang sudah direndam air,sedikit garam dapur,bahan tersebut tumbuk halus,oleskan sebagai param.
  • 3 rimpang umbi halia sebesar ibu jari, tepung terigu secukupnya, 1 potong asam jawa yang sudah masak,umbi halia diparut, tambah tepung terigu dan asam jawa untuk dibuat adonan,ditambah air hangat secukupnya,oleskan sebagai param.
Sakit Kepala
2-3 lembar daun halia,tumbuk halus,tambah sedikit air,gunakan sebagai kompres dahi. Sakit Pinggang,keseleo.

Batuk
  • 2-3 rimpang umbi halia sebesar ibu jari,rebus dengan 2 gelas air sampai mendidih hingga tinggal 1 gelas,minum 2 kali sehari 1 cangkir, pagi dan sore.
  • 3-4 rimpang umbi halia sebesar ibu jari, 1 butir jeruk nipis,1 sendok teh kayu putih,umbi halia diparut, jeruk nipis dibakar,peras untuk diambil airnya,semua bahan tersebut dicampur dan diremas-remas,oleskan pada bagian dada anak balita yang sakit pada pagi dan sore hari setelah mandi atau menjelang tidur.
Keracunan Udang
3-7 rimpang halia sebesar ibu jari,minyak tanah.umbi halia diparut,tambah minyak tanah secukupnya,oleskan pada bagian badan yang terasa gatal.

Sakit Pinggang dan keseleo
4-8 rimpang umbi halia sebesar ibu jari dan buah asam jawa yang sudah masak secukupnya,umbi halia diparut, campur dengan buah asam jawa sampai merata,oleskan pada bagian badan yang terasa sakit.

0 komentar:

Posting Komentar