Halaman

  • Beranda

Sabtu, 25 September 2010

tanaman obat Inggu (Ruta angustifolia [L.] Pers.)

tanaman obat
tumbuhan herbal inggu berasal dari Eropa Selatan serta Afrika Utara.

tanaman obat ini tumbuh tegak, tinggi bisa mencapai 1,5 m dengan batang berkayu, silindris, ramping. Percabangan banyak.

Pada tumbuhan obat seluruh bagian bila diremas berbau tidak sedap,memiliki Daun majemuk menyirip ganda.

Uniknya di eropa dikenal sebagai tanaman herbal penolak guna-guna,minyak esensialnya berguna bagi pembuatan parfum dan kosmetik. dapat di kembang biakan dengan setek batang.

pemakain dalam
Herba sebanyak 10 - 15 g direbus, lalu minum.

pemakaian luar
herba segar giling atau remas-remas, bubuhkan pada bagian tubuh yang sakit seperti pengobatan pada sakit kepala, kejang pada anak, ketombe, gudig, sakit telinga, sakit gigi, bisul, memar, dan rematik.,karena herba ini rasanya pedas maka pemakaian lokal yang terlalu banyak dapat menyebabkan warna kulit menjadi merah, membengkak, dan kadang timbul melepuh. Minyak asirinya dapat digunakan sebagai minyak gosok menghilangkan rasa nyeri pada bagian tubuh yang sakit.

Demam
1/2 genggam herba inggu segar,cuci bersih,rebus dengan 3 gelas air bersih sampai air rebusannya tersisa 3/4 bagian,saring, dapat ditambah madu,minum.Sehari 3 kali, masing-masing 3/4 gelas.

Kejang pada anak
  • 15 - 20 gram daun inggu segar cuci bersih potong-potong seperlunya. Rebus dengan 2 gelas air sampaitersisa 1 gelas.saring, dibagi untuk 2 kali minum, pagi dan sore hari.
  • Sebanyak 10 lembar daun inggu cuci bersih,giling sampai halus. Tambah cuka seperlunya, remas sampai merata,adonan tadi dipakai untuk mengompres ubun-ubun anak yang sedang kejang.
Sakit gigi
Tiga lembar daun inggu segar cuci bersih,bilas dengan air matang. Lumatkan dengan jari sampai lunak. Masukkan ke dalam lubang gigi,tutup dengan kapas.

Ketombe, gudig
Segenggarn daun segar, sepotong kunyit ,1 sendok teh beras,cuci bersih,giling halus sampai seperti bubur. Gosok pada kulit kepala atau kulit yang terkena gudig.

Bisul
Segenggam daun inggu cuci bersih,giling halus. Hasil gilingannya diperas,air perasannya campur dengan bubuk
indigo.Gunakan untuk memoles bisul.

Nyeri ulu hati
Sebanyak 15 gram herba inggu segar cuci,rebus dengan 3 gelas air sampai tersisa 1 gelas.saring,minum sekaligus.

Merangsang haid
28 gram herba inggu kering rebus dengan 3 gelas air sampai tersisa 1 gelas.saring, rninum.Setiap kali minum cukup 1/2 gelas.

Kecikukan
3/5 genggam daun inggu cuci,rebus dengan 3 gelas air bersih sampai airnya menjadi 3/4 bagian,saring,minum. Sehari 3 kali, masing-masing 3/4 gelas, Setiap kali minum dapat ditambah madu secukupnya.

sakit telinga
Tiga genggam daun inggu segar cuci bersih lalu dibilas dengan air matang. Tumbuk halus, peras dengan sepotong kain. Air perasannya diteteskan pada telinga yang sakit.

Sakit kepala
Satu genggam daun inggu segar cuci bersih,tumbuk sampai lumat. Hasilnya dibagi dua sama banyak, tempelkan pada kedua pelipis.

0 komentar:

Posting Komentar