Halaman

  • Beranda

Rabu, 06 Oktober 2010

tumbuhan obat Adem Ati (Litsea glutinosa (Lour.) C.D. Robins.)

tumbuhan obat ini dapat mencapai 10 meter,tanaman herbal adem ati Batang berkayu serta bercabang-cabang memiliki Daun tunggal dengan bentuk elips.

tanaman obat tersebut warna hijau, juga berbulu halus dengan perbungaan berbentuk malai dengan mahkota bunga berwarna putih kekuningan.

Buah bulat,tumbuhan herbal langka ini buah muda berwarna hijau yang setelah tua berwarna hitam. Akar tunggang warna cokelat muda. Bagian yang digunakan Akar, kulit kayu, dan daun.

Akar
Radang usus,Radang kulit bernanah (obat luar,Mencret,Kencing manis

Kulit kayu dan Daun (obat luar)
Radang kulit bernanah,Radang payudara,Bisul,Luka berdarah,Obat penenang

Kencing Manis
Akar Adem Ati 5 gram,Daun Salam segar 4 lembar,Air 140 ml,Dibuat infus,Diminum 2 kali sehari,pagi dan sore, setiap minum 100 ml.

Mencret, Radang Usus
Akar Adem Ati 6 gram,Rimpang Kunyit segar 6 gram,Air 110 ml,Dibuat infus atau diseduh,Diminum 1 kali sehari 100 ml.Diulang selama 3 hari (Mencret), 14 hari Radang usus.Bila tidak menunjukkan gejala penyembuhan dianjurkan untuk ke dokter.

Radang Kulit Bernanah, Radang Payudara, Luka, dan Bisul
Kulit kayu/Daun segar Adem Ati secukupnya,Daun Sambiloto secukupnya,air secukupnya Dipipis hingga berbentuk pasta. Ratakan pasta pada bagian kulit yang sakit.Sebelum dibaluri dengan pasta tersebut, sebaiknya dibersihkan dengan air hangat dahulu. ulangi tiap 3 jam rui setiap 3 jam.

0 komentar:

Posting Komentar