Halaman

  • Beranda

Kamis, 07 Oktober 2010

tumbuhan herbal Andong (Cordyline fruticosa (L) A. Cheval.)

tanaman obat
tanaman obat andong ini tergolong tanaman perdu bercabang bisa mencapai tinggi 2-4 meter mempunyai ranting dengan bekas daun rontok yang berbentuk cincin.

tanaman herbal unik ini berdaun pada ujung ranting berjejal dengan susunan spiral dengan tangkainya yang berbentuk talang.

tumbuhan herbal tersebut berdaun tenda bunga 6, memanjang ukuranya kurang lebih 1,3 cm, 3 yang luar separo bawah melekat erat dengan yang dalam, bagian teratas lepas, melengkung ke belakang kembali.

Benang sari berjumlah 6  tertancap pada tenda bunga. kepala putik pendek 3 taju, tumbuhan obat ini pun mempunyai buah yang berbentuk seperti buah buni ± bentuk bola, merah mengkilat. Biji hitam mengkilat. berasal dari Asia Timur.

Batuk Darah, Haid terlalu banyak
Daun Andong segar 5 helai Air secukupnya,diseduh, atau dipipis, Diminum 1 kali sehari 100 ml. Untuk pipis, diminurn 1 kali sehari 1/4 cangkir,ulang sampai sembuh.

Wasir
Daun Andong segar 3 helai,Daun Wungu segar 7 helai,Air matang secukupnya,Dipipis,Diminum 2 kali sehari, pagi dan sore, tiap kali minum 1/4 cangkir,ulangi selama 14 hari.

0 komentar:

Posting Komentar