Halaman

  • Beranda

Senin, 11 Oktober 2010

tanaman herbal Daun Kentut (Paederia scandens (Lour.) Merr.)

tanaman obat
tumbuhan Herbal tahunan ini memiliki batang memanjat dengan pangkal berkayu serta panjang 3-5 meter.

tumbuhan obat tersebut tumbuh secara liar semak belukar atau di tebing sungai,terkadang dirambatkan pada pagar halaman sebagai tanaman obat.mempunyai daun tunggal

tanaman herbal daun kentut bertangkai dengan panjang 1-5 cm yang letak saling berhadapan bentuk bundar telur sampai lonjong berBuah bulat dengan warna kuning, mengkilap,daun dimakan sebagai lalap atau disayur.Perbanyakan dengan stek batang dan biji.

Untuk diminum
15-60 gram,direbus

Pemakaian luar
Herbal secukupnya cuci,giling halus, untuk diturapkan kebagian yang sakit atau herba secukupnya digodok, airnya untuk cuci.untuk pengobatan radang kulit , borok pada kulit, gigitan ular berbisa,ekzema, luka, abses, bisul

Radang telinga tengah
1/2 genggam daun cuci,giling halus,Remas dengan 1 sendok makan air garam,peras,saring. Airnya dipakai untuk menetes anak telinga yang sakit,Teteskan 4-6 kali sehari,setiap kali 3 tetes.

Ekzema, kulit gatal (pruritus), neurodermatitis
Batang dan daun segar secukupnya,cuci,giling halus,tempelkan ketempat kelainan.

Perut mules karena angin
25 lembar daun buat sayur atau dikukus,makan sebagai lalap,Untuk pengobatan luarnya daun dilayukan diatas api,diikatkan pada perut.

Mata terasa panas dan bengkak
Daun secukupnya cuci bersih,rebus dengan air.penderita didudukkan diatas uapnya. Bila air sudah hangat,daunnya dibungkus dengan sepotong kain,letakkan diatas mata yang sakit sampai daun menjadi dingin, baru kompres tersebut diganti lagi.

Sakit lambung (gastritis), perut kembung, disentri
15-60 gram daun segar cuci,tumbuk sampai seperti bubur, Tambahkan 1 cangkir air matang,1-2 sendok teh garam, aduk rata,saring.Minum sebelum makan.

Herpes zooster (cacar ular)
Daun cuci,tumbuk sampai seperti bubur,Tambahkan sedikit air,garam secukupnya,untuk dibalurkan disekitar gelembung-gelembung kecil dikulit.

Sariawan
1/6 genggam daun kentut,1/5 genggam daun iler, 1/4 genggam, daun saga, 1/5 genggam daun picisan, 1/4 genggam daun sembung,1/4 genggam pegagan, 3/4 sendok teh adas,3/4 jari pulosari, 3/4 sendok teh ketumbar, 1/2 jari rimpang lempuyang, 1/2 jari rimpang kunyit, 3/4 jari kayu manis, 3 jari gula enau, dicuci dan dipotong- potong seperlunya.Rebus dengan 4 1/2 gelas air bersih. sampai sisa kira-kira setengahnya.saring,bagi untuk 3 kali minum, habis dalam 1 hari.

Catatan:
Sudah dibuat obat suntik. lnjeksi obat ini menimbulkan rasa sakit lokal. Minum herba ini menimbulkan rasa bau yang khas pada hawa napas dan kencing si pemakai. 

0 komentar:

Posting Komentar