Halaman

  • Beranda

Senin, 04 Oktober 2010

tumbuhan herbal Portulaka (Portulaca grandiflora Hook.)

tanaman obat
tumbuhan herbal Portulaka berasal dari Brazilia.tanaman herbal ini memerlukan sinar matahari untuk tumbuh subur dan berbunga meriah. tumbuhan obat Portulaka dapat ditemukan dari dataran rendah sampai pada ketinggian 1.400 m dpl.

tanaman obat semusim yang berbatang basah ini tumbuh terlentang atau naik ke atas dengan panjang 15-30 cm sering bercabang mulai dari pangkalnya dan pada ruasnya berambut halus serta berwarna merah atau hijau berdaun tunggal dengan letak tersebar tidak bertangkai.

pada ujung batang berjejal rapat ke bagian pangkal daunnya lebih jarang, helaian daun tebal berdaging, berair, bentuk jarum, bulat silindris,Perbanyakan dengan stek batang atau biji yang sudah tua.

untuk di minum
Rebus seluruh herba 15-30 gram dan minum setelah dingin. Bisa juga herba segar dijus, lalu minum.

Untuk pemakaian luar
  • cuci herba segar secukupnya, giling  halus.Tempelkan pada bagian yang sakit, seperti gigitan serangga, bisul, koreng, atau memar, lalu balut. 
  • Air perasan gilingan herba segar juga bisa digunakan untuk mencuci dan mengompres ekzema, luka bakar, atau tersiram air panas.
Ekzema pada bayi
Cuci herba segar secukupnya, giling halus.Gunakan air perasannya untuk mengompres ekzema.

Bisul, koreng
Cuci tangkai segar sampai bersih,giling halus. Bubuhkan ke tempat yang sakit, balut. Ganti 2-3 kali dalam sehari.

    Sakit tenggorok
    Cuci herba portulaka segar, giling halus,peras sampai airnya terkumpul satu cangkir. Tambahkan sedikit boraks, lalu gunakan untuk kumur

    Sakit kepala
    Cuci seluruh bagian portulaka segar, kecuali akar 30 gram. Tambahkan dua gelas air,rebus sampai mendidih selama 15 menit, saring ,minum sekaligus. Jika sakit berulang, lakukan 2-3 kali dalam sehari.

    Hepatitis
    Cuci herba portulaka segar 30 gram, giling halus. Peras dengan sepotong kain, minum air yang terkumpul sekaligus. Lakukan 2-3 kali sehari sampai sembuh.

    Catatan

    0 komentar:

    Posting Komentar