Halaman

  • Beranda

Selasa, 05 Oktober 2010

tanaman obat Landep (Barleria prionitis L.)

tanaman obat
Tumbuhan obat ini berasal dari Asia tropik dan Afrika Selatan.Di indonesia tumbuhan herbal tersebut banyak ditemukan di daerah yang beriklim kering tumbuh liar sampai 400 m dpl,bisa mencapai tinggi 1,5-2 meter.

tanaman obat berbatang kayu ini bersegi empat berbuku- buku berambut berduri kuat yang terdapat pada ketiak daun. Daun. tunggal, daun muda berambut, letak berhadapan.,Perbanyakan  tanaman herbal landep ini dengan biji atau setek batang.

Daun 
perut busung air,kencing kurang lancar, kudis, gusi nyeri,rematik, sakit pinggang,demam,sakit perut, beser mani (spermatorea).

Akar
cacingan. 

pemakaian luar
daun segar secukupnya giling halus untuk pengobatan rematik, nyeri punggung, panu, sakit kepala, dan sakit gigi. Akar untuk obat demam, luka, kurap. Air perasan akar untuk obat tetes pada radang telinga.

Gusi nyeri dan berdarah
Daun landep segar cuci,giling halus. Air perasannya ditambah sedikit madu. Gunakan untuk memoles gusi yang sakit.

Demam, sakit perut, kencing sedikit
Sebanyak 1 genggam daun landep segar cuci,seduh dengan 1 gelas air panas. Setelah dingin saring, minum.

Luka
Sebanyak 15 gram akar landep cuci bersih. Tambahkan 1/4 sendok teh kapur sirih. Tumbuk halus,tempelkan pada luka.

Kurap, panu
Akar secukupnya giling halus. Tambahkan air perasan 1 buah jeruk nipis,aduk rata sampai seperti bubur. Balurkan pada kurap, lalu dibalut. Ganti 2 kali sehari, sampai sembuh.

Rematik, sakit pinggang, sakit kepala
Sebanyak 1 genggam daun landep segar cuci,giling halus.Tambahkan air kapur sirih secukupnya,aduk rata sampai menjadi seperti bubur kental. Balurkan ke bagian tubuh yang sakit. Bila sakit kepala, balurkan di kening.

Sakit gigi
Daun dikunyah dengan gigi yang sakit.

0 komentar:

Posting Komentar