Halaman

  • Beranda

Jumat, 30 Juli 2010

Tanaman obat Murbei (Morus alba L.)

tanaman obat Murbei berasal dari negri Cina, tumbuhan herbal ini akan tumbuh baik pada ketinggian lebih dari 100 m dpl. tanaman herbal murbei sangat memerlukan cukup sinar matahari untuk pertumbuhannya.

tumbuhan obat Murbei berbunga sepanjang tabun. Buahnya mirip dengan buah buni,Tumbuhan ini dibudidayakan karena daunnya digunakan dapat digunakan sebagia makanan ulat sutera. Daun muda pun sangat enak jika di sayur serta bermanfaat sebagai pembersih darah bagi yang sering bisulan.

BAGIAN YANG DIGUNAKAN

Daun
muntah darah dan batuk darah akibat darah panas, kolesterol tinggi (hiperkolesierolemia), gangguan pada saluran cerna, demam karena flu, malaria, batuk, sakit kepala, sakit tenggorok, sakit gigi, rematik, sakit kulit bisul, radang mata merah (conjunctivitis acute), memperbanyak air susu ibu (ASI), keringat malwn,
- darah tinggi (hipertensi), kencing manis (diabetes mellitus), kaki gajah (elephantiasis tungkai bawah)

Kulit akar
kencing yang nyeri dan susah (disuria), cacingan, sakit gigi, muka bengkak (ederna), tidak datang haid, batuk berdahak, sesak napas (asma),

Buah
telinga berdenging (tinnitus), tuli, tujuh keliling (vertigo), hepatitis kronis, kencing manis (diabetes mellitus), rasa haus dan mulut kering, sukar tidur (insomnia), tekanan darah tinggi (hipertensi), jantung berdebar (palpitasi), sakit otot dan persendian, sakit tenggorok, rambut beruban.sebelum waktunya, batuk berdahak, pendengaran berkurang dan penglihatan kabur, sembelit pada orang tua, kurang darah (anemia), neurastenia

Ranting
rematik,tangan dan kaki terasa baal dan sakit, sakit pinggang (lumbago), keram pada tangan dan kaki, tekanan darah tinggi, serta menyuburkan pertumbuhan rambut.

Untuk penyimpanan, buah dikukus lalu dijemur, ranting dipotong tipis kemudian dijemur,kulit akar cuci bersih, potong-potong tipis lalu jemur sampai kering.

Cara Pemakaian
-Untuk diminurn, pilih salah satu bagian yang disukai.. 
-Bila kulit akar Untuk pemakaian luar, daun segar dilumatkan atau digiling halus, 10 - 15 g; ranting 15 - 30 g; sedang daun dosisnya 5 - 10 g sekali rebus, dapat juga menggunakan dosis maksimal 20 - 40 g. 
-Untuk buah dosisnya 10 - 15 g, direbus, alu diminum. Untuk pemakaian luar, daun segar dilumatkan atau digiling halus, kemudian diturapkan ke tempat yang sakit seperti luka, digigit ular, dan serangga, atau untuk merangsang pertumbuhan rambut.

Penyakit yang bisa di obati


Kencing nanah Kulit
Akar murbei, adas pulosari, dan kayu sandel (sandelhout) direbus.

Berkeringat malam
Daun murbei kering yang dijadikan serbuk sebanyak 6 - 9 gram,rebus dengan air beras Setelah dingin diminum.

Rematik, tangan dan kaki baal dan sakit
Ranting murbei kering sebanyak 15 gram direbus dengan 3 gelas air bersih sampai tersisa 1 gelas. Setelah dingin saring, minum. Sehari 2 kali, masing-masing 1/2 gelas.

Bisul, radang kulit
Daun murbei segar sebanyak 1 genggam,cuci,direbus dengan 2 gelas air sampai tersisa 1 gelas,saring, minum sekaligus. Rebusan daun ini bisa untuk membersihkan darah sehingga dapat diminum denagan teratur.

Luka, borok
Daun murbei segar cuci bersih lalu dioleskan minyak kelapa. Layukan di atas api, remas-remas dengan jari tangan sehingga menjadi lemas. Daun tadi kemudian dipakai untuk menutup luka. Namun sebelumnya, luka harus dicuci dahulu dengan rebusan akar tren guli.

Tekanan darah tinggi, kaki bengkak
Daun murbei segar sebanyak 15 gram, cuci bersih,rebus dengan 2 gelas air selama 15 menit,saring lalu bagi untuk 2 kali minum, pagi dan sore.

Memperbanyak kcluamya air susu ibu (ASI)
Daun murbei muda dimasak sebagai sayur, makan bersama nasi.

Digigit ular
Daun murbei segar sebanyak 20 gram cuci lalu giling halus,Tambahkan 1/2 cangkir air masak, saring dan diperas, minum sekaligus. 

tanaman obat Tebu (Sacharum officinarum, Linn.)

tanaman obat Lobak (Raphanus sativus L.)

0 komentar:

Posting Komentar