Halaman

  • Beranda

Senin, 19 Juli 2010

tanaman obat Kencur (Kaempferia galanga, Linn.)

tanaman herbal Kencur (Kaempferia galanga) adalah termasuk kedalam suku tumbuhan obat Zingiberaceae serta digolongkan sebagai tanaman obat jenis empon-empon yang mempunyai daging buah lunak juga tidak berserat. tumbuhan herbal Kencur merupakan tumbuhan yang tumbuh subur di daerah dataran rendah atau pegunungan yang tanahnya gembur dan tidak terlalu banyak air. Rimpang kencur mempunyai aroma yang spesifik. Daging buah kencur berwarna putih dan kulit luarnya berwarna coklat.

Radang Lambung
2 rimpang kencur sebesar ibu jari.dikuliti sampai bersih dan dikunyah; telan airnya, ampasnya dibuang, kemudian minum 1 gelas air putih, dan diulangi sampai sembuh.

Radang Anak Telinga
2 rimpang kencur sebesar ibu jari dan ½ biji buah pala.tumbuk halus dan diberi 2 sendok air hangat; dioleskan/dibobokkan di seputar hidung.

Influenza pada bayi
1 rimpang kencur sebesar ibu jari dan 2 lembar daun kemukus (lada berekor/ Cubeb) kedua bahan tersebut ditumbuk halus, tambah beberapa sendok air hangat. dioleskan/dibobokkan di seputar hidung.

Masuk Angin
1 rimpang kencur sebesar ibu jari dan garam secukupnya.: kencur dikuliti bersih.: kencur dimakan dengan garam secukupnya, minum 1 gelas air putih.Dapat dilakukan 2 kali sehari.

Sakit Kepala
 2-3 lembar daun kencur.tumbuk sampai halus.oleskan (sebagai kompres/pilis) pada dahi.

 Batuk
a. 1 rimpang kencur sebesar ibu jari dan garam secukupnya. kencur diparut, tambah 1 cangkir air hangat, diperas dan disaring, minum dengan ditambah garam secukupnya.

b. 1 rimpang kencur sebesar ibu jari.: kencur dikuliti sampai bersih dan dikunyah;: airnya ditelan, ampasnya dibuang. Dilakukan setiap pagi secara rutin.
Memperlancar haid
2 rimpang kencur sebesar ibu jari, 1 lembar daun trengguli, 1 biji buah cengkeh tua,adas pulawaras secukupnya,: kencur dicincang, campur dengan bahan lain dan direbus bersama dengan 3 gelas air sampai mendidih hingga tinggal 2 gelas, kemudian disaring.minum sekali sehari 2 cangkir.

Mata Pegal
1 potong rimpang, kencur dibelah menjadi 2 bagian. permukaan yang masih basah dipakai untuk menggosok pelupuk mata.

Keseleo
1 rimpang kencur dan beras yang sudah direndam air. kedua bahan tersebut dipipis dan air secukupnya.: dioleskan/digosokan pada bagian yang keseleo sebagai bedak.

Diare
2 rimpang kencur sebesar ibu jari dan garam secukupnya.: kencur diparut, kemudian ditambah 1 cangkir air hangat, diperas dan disaring.: dioleskan pada perut sebagai bedak.

2 rimpang kencur sebesar ibu jari dan garam secukupnya., kencur diparut, kemudian ditambah garam secukupnya.dioleskan pada perut sebagai bedak.

 Menghilangkan Darah Kotor
 4 rimpang kencur sebesar ibu jari, 2 lembar daun trengguli, 2 biji cengkeh kering,adas pulawaras secukupnya.
Cara membuat : semua bahan tersebut direbus bersama dengan 1 liter air sampai mendidih kemudian
saring. diminum 2 kali sehari secara teratur.

Menghilangkan Lelah.
1 rimpang besar kencur, 2 sendok beras digoreng tanpa minyak (sangan) dan 1 biji cabai merah. semua bahan tersebut direbus bersama dengan 2 gelas air sampai mendidih hingga tinggal 1 gelas, kemudian disaring.
Cara menggunakan : diminum sekaligus dan diulangi sampai sembuh. Untuk orang pria dapat ditambah dengan 1 potong lengkuas dan tepung lada secukupnya.

Tanaman obat Waru (Hibiscus tiliaceus L.)

tanaman obat Kedelai (Glycine max, (Linn.) Merrill.)

0 komentar:

Posting Komentar