Halaman

  • Beranda

Senin, 26 Juli 2010

Petai Cina (Leucaena leucocephala, Lmk. de wit)

tanaman obat Petai cina (Leucaena leucocephala) adalah tumbuhan herbal yang memiliki batang pohon yang keras dan berukuran tidak terlalu besar. tumbuhan obat ini berdaunnya majemuk terurai dalam tangkai berbilah ganda. selain itu tanaman herbal tersebut memiliki Bunganya yang berjambul warna putih sering disebut cengkaruk. 

pada tanaman obat petai sangat unik jika berbuah mirip dengan buah petai (Parkia speciosa) tetapi ukurannya jauh lebih kecil dan berpenampang lebih tipis. Buah petai cina termasuk buah polong, berisi biji-bibji kecil yang jumlahnya cukup banyak.

penyakit yang bisa di obati
Luka baru dan bengkak
daun petai cina secukupnya ditumbuk halus atau dikunyah,tempelkan pada bagian yang uka / bengkak

Tlusuben (benda-benda yang masuk ke dalam daging: kayu, bambu)
daun petai cina yang masih muda dan terasi dapur,daun petai cina ditumbuk halus dan ditambah terasi dapur secukupnya, diaduk sampai merata,tempelkan pada bagian yang sakit, kemudian dibalut dengan kain pembalut.

Diabetes Melitus
Biji petai cina yang sudah tua dan kering digoreng tanpa minyak,tumbuk halus (dibuat
bubuk). Kemudian ambil 1 sendok diseduh dengan air panas (seperti membuat kopi). diminum 1 kali sehari 1 gelas dan dilakukan secara teratur.

Cacingan
Biji petai cina yang sudah tua dan kering digoreng tanpa minyak tumbuk halus (dibuat bubuk).ambil 1 sendok dan diseduh dengan ½ - 1 gelas air panas (seperti membuat kopi).minum menjelang tidur malam.

Meningkatkan gairah seks
1 sendok petai cina, 1 sendok bubuk merica hitam, 2 butir kuning telur ayam kampung mentah dan 1 sendok madu,semua dicampur sampai merata diminum sekaligus

tanaman obat Temu Putih (Curcuma zedoaria (Berg.) Roscoe.)

tanaman obat Lada (Piper nigrum L.)

0 komentar:

Posting Komentar