Halaman

  • Beranda

Minggu, 01 Februari 2009

SELEDRI ( Apium Graveolens,Linn )

tanaman obat
Seledri baik tumbuh di dataran rendah atau tinggi,seledri dikatageorikan sebagai sayuran,seledri juga banyak terdapat di Brastagi, Sumatera Utara dan di Jawa Barat tersebar di Pacet,Pangalengan dan Cipanas yang berhawa sejuk.


Tumbuhan ini memiliki batang basah bersusun. Di indonesia daun seledri digunakankan untuk pelengkap untuk sup dan sayuran lainnya.Bangsa Romawi Kuno menggunakan seledri sebagai karangan bunga. Menurut ahli sejarah botani,seledri telah dimanfaatkan sebagai sayuran sejak abad XZII atau tahun 1640,dan diakui sebagai tumbuhan berkhasiat obat secara ilmiah baru pada tahun 1942. Pengembangbiakan seledri dapat digunakan melalui bijinya atau pemindahan anak rumpunnya.


PENYAKIT YANG BISA DIOBATI

Hipertensi
Ambil daun seledri secukupnya lalu diperas/blender dicampur dgn air secukupnya kemudian disaring,minum 3 kali sehari,lakukan secara teratur.

Sakit Mata kering.
2 tangkai daun seledri,2 tangkai daun bayam,1 tangkai daun kemangi. semua bahan tersebut ditumbuk bersama kemudian diseduh dengan 1 gelas air panas dan disaring,lalu diminum.

Reumatik
1 tangkai daun seledri dimakan sebagai lalapan setiap kali makan.

Catatan : penggunaan berlebihan berbahaya!

0 komentar:

Posting Komentar