Halaman

  • Beranda

Kamis, 29 Januari 2009

MENGKUDU ( Morinda citrifolia,Linn )

tanaman obat, Buah mengkudu adalah termasuk jenis kopi-kopian. pohon ini bisa tumbuh di dataran rendah sampai pada ketinggian tanah 1500 meter diatas permukaan laut.

Mengkudu merupakan tumbuhan asli dari Indonesi. Tumbuhan ini mempunyai batang tidak terlalu besar dengan tinggi pohon 3-8 m. Daunnya bersusun berhadapan, panjang daun 20-40 cm dan lebar 7-15 cm.


PENYAKIT YANG DAPAT DI OBATI

Hipertensi
Bahan: ambil 2 buah Mengkudu yang telah matang di pohon dan 1 sendok makan madu. Cara Membuatnya: buah mengkudu diperas lalu diambil airnya, dicampur dengan madu aduk sampai merata lalu saring. minum dan diulangi 2 hari sekali.

Demam,Masuk Angin dan Infuenza
Bahan: 1 buah Mengkudu dan 1 rimpang kencur, Cara Membuatnya: kedua bahan direbus dengan 2 gelas air hingga mendidih dan tersisa 1 gelas, lalu saring. Cara menggunakan : diminum 2 kali 1 hari, pagi dan sore.

Batuk
Bahan: 1 buah Mengkudu dan ½ genggam daun poo (bujanggut); Cara Membuatnya : kedua bahan direbus dengan 2 gelas air sampai mendidih hingga tersisa 1 gelas, lalu saring.Cara menggunakan : diminum 2 kali 1 hari, pagi dan sore.

Sakit Perut
Bahan: 2-3 daun Mengkudu ; Cara Membuatnya : tumbuk halus, tambah garam dan seduh air panas. Cara menggunakan: setelah dingin disaring dan diminum.

Menghilangkan sisik pada kaki
Bahan: buah Mengkudu yang masak di pohon.Cara menggunakan: kaki yang bersisik digosok dengan buah mengkudu sampai merata, lalu dibiarkan selama 5-10 menit,kemudian dibersihkan dengan lap bersih yang dibasahi dengan air hangat.

0 komentar:

Posting Komentar