Halaman

  • Beranda

Kamis, 02 Februari 2012

tanaman obat Buah Makasar (Brucea javanica [L.] Merr.)

tanaman obat

tanaman obat

Buah makasar merupakan tumbuhan herbal liar hutan, biasa ditanam sebagai tanaman obat untuk pagar pagar, Buah Makasar tumbuh diketinggian 1-500 m dpl,berambut halus dengan warna kuning. berdaunnya majemuk menyirip ganjil, anak daun bentuk lanset memanjang, permukaan bawahnya berwarna hijau muda, bunga berwarna ungu kehijauan. Buah nya berbentuk bulat telur dengan panjang 8 mm, jika matang berwarna hitam dengan Biji bulat warna putih. Di Indonesia tumbuhan obat ini disebut biji makasar. dapat diperbanyak dengan biji.

Bagian yang digunakan adalah buah. Setelah buah dikumpulkan, bagian yang keras dibuang untuk diambil isinya. Selain buah, daun dan akar juga berkhasiat sebagai obat.

Daun buah makasar yang digiling halus dapat digunakan mengompres tubuh yang bengkak, terbentur, terpukul,memar karena benda keras dan dapat digunakan untuk mengusir belatung.

Disentri amuba
Giling halus 10-15 buah makasar,masukkan ke dalam kapsul. Minum ramuan ini setelah makan.sehari 3 kali, lakukan selama 7-10 hari.

Disentri, air kemih dan tinja berdarah karena panas
25 buah makasar giling halus, masukkan ke dalam kapsul. Minum dengan larutan air gula batu.

Malaria
Ambil isi buah makasar 10 buah, giling halus. Masukkan ke dalam kapsul, minum 3 kali sehari selama 3 hari. Selanjutnya dosis dikurangi setengahnya (5 buah) dan minum selama 5 hari.

Cuci 15-20 gram akar buah makasar,potong-potong,Rebus pada tiga gelas air bersih sampai tersisa satu gelas,saring,minum. sehari dua kali, masing-masing 1/2 gelas.

0 komentar:

Posting Komentar